Menulis

Menulis adalah suatu kegiatan yang sangat sederhana. Dalam menulis kita dapat mencurahkan segala pikiran, perasaan, angan-angan, dan sebagainya. Dalam kesempatan kali ini saya ingin mengajak pengunjung blogs saya ini untuk rajin menulis apa saja, baik itu masalah lingkungan, adat istiadat, politik, sosial dan sebagainya. Karena dengan menulis orang lain yang membaca akan terbuka pikirannya setelah membaca apa yang kita tulis.
Kali ini saya cuma sekedar iseng saja menarikan jemari saya di atas keyboard, mencurahkan apa yang ada di pikiran saya, jadi mohon maaf kalau ada beberapa kata atau kalimat yang tidak nyambung satu dengan lainnya, mungkin saat itu otak saya lagi korsleting….heheheh….
Jadi kita mulai saja ….

Cara Mudah Menulis
Menulis itu ekspresi diri, menulis itu menyenangkan, menulis itu bisa menghasilkan uang, dan menulis adalah bagian dari kehidupan kita. Namun sayang, masih banyak orang yang menganggap bahwa menulis itu sulit. Lensa ini akan menunjukan kepada Anda bagaimana cara menulis dengan mudah.
Mulailah Menulis
Langkah Awal Agar Bisa Menulis
Saat Anda mengatakan tidak bisa menulis dan Anda diam saja, maka selamanya Anda tidak akan bisa menulis. Langkah pertama agar Anda bisa menulis ialah mulailah menulis.

Saya bingung mau menulis apa?

OK, saya tahu, bagi yang belum biasa menulis, memulai sebuah tulisan adalah sesuatu yang berat. Namun ini harus Anda lakukan jika Anda ingin bisa menulis. Anda harus mulai menulis. Saya akan tunjukan caranya agar Anda bisa mulai menulis sekarang juga.

Untuk latihan, Anda tidak perlu menulis sesuatu yang baru. Serius. Cobalah Anda menulis dengan cara mencontek tulisan orang lain dulu. Betul, Anda cari tulisan orang lain dan Anda boleh tulis ulang 100%. Hanya saja ini bukan untuk publikasi, tetapi sekedar untuk latihan saja.

Terlihat sederhana tetapi ini adalah trik ampuh agar Anda mau memulai menulis. Setelah Anda mencoba menulis ulang tulisan orang lain secara berulang-ulang maka otak dan tubuh Anda sudah mulai terbiasa menulis.

“Terbiasa Menulis” adalah pintu gerbang Anda menuju dunia tulis menulis. Inilah langkah awal yang akan membuat Anda menjadi penulis handal. Ini adalah langkah sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan hal ini, sebab langkah ini mudah dan membawa manfaat yang besar.

Carilah bahan-bahan tulisan dari berbagai sumber, seperti majalah, buku, artikel di internet, koran, dan sebagainya. Carilah tulisan yang menarik dan tulis ulang.

Menulis ulang bukan hanya agar Anda pandai menulis, tetapi manfaat lainnya Anda akan menyerap ilmu dari bacaan yang Anda baca menjadi lebih baik. Ini juga akan menjadi bekal bagi Anda supaya menjadi penulis handal.

Jika Anda tidak mau memulai latihan sederhana ini, berarti Anda tidak serius ingin belajar menulis. Mungkin Anda berpikir bahwa latihan ini tidak akan membawa manfaat bagi Anda.

Latihan ini adalah suatu pembiasaan atau membentuk pola kebiasaan baru bagi otak dan tubuh Anda. Kebiasaan akan memberikan kekuatan luar biasa untuk kemampuan Anda. Adalah benar jika ada orang yang mengatakan “bisa karena biasa”.

Coba Anda pikirakan, Anda begitu pandai, otomatis, dan tanpa berpikir saat memindahkan persneling mobil Anda. Padahal saat mulai belajar hal ini sangat sulit. Tetapi karena saat ini Anda sudah terbiasa, maka semuanya menjadi mudah.

Intinya ialah, biasakan menulis. Apa pun isi tulisan Anda, pokoknya biasakan dulu menulis. Jika Anda tidak mau membiasakan diri menulis, jangan mimpi ingin menjadi penulis.
Isilah Dulu Kepala Anda
Apa yang akan Anda tulis jika kepala Anda kosong?
Saya kira ini adalah sangat logis. Anda akan bisa menulis jika Anda mau mengisi kepala Anda terlebih dahulu. Bagaimana sebuah botol bisa mengisi gelas dengan air jika botol itu sendiri kosong. Jadi, jika Anda mau menjadi penulis, Anda juga harus mau menjadi pembaca yang baik.

Mungkin Anda sudah merasa pintar, silahkan saja buktikan kepintaran Anda dengan menulis. Jika Anda masih sering mentok atau menulis hanya berputar-putar saja, maka Anda harus mengisi kepala Anda dulu.

Bacalah buku, ebook, koran, majalah, atau apa pun yang bisa Anda baca. Jangan pelit untuk membeli buku dan ebook. Tunjukan bahwa Anda serius ingin menjadi penulis. Anggarkan uang untuk membeli buku dan ebook sebanyak yang bisa Anda beli.

Bicaralah dengan orang lain, Anda bisa mendapatkan banyak wawasan dengan berbicara dengan orang lain. Wawasan Anda akan tergantung dengan siapa saja Anda bicara. Jika Anda ingin mengetahui banyak tentang bisnis, Anda harus banyak bicara dengan pebisnis. Jangan dengan orang yang justru belum pernah berbisnis. Jika Anda ingin mengerti agama, bicaralah dengan pemangku, serati, sutri, pedanda.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi kepala Anda. Kuncinya, Anda mau tidak?
Gunakan Kreativitas Anda
Tidak ada yang benar-benar baru
Di dunia ini tidak ada yang benar-benar baru. Yang ada adalah perubahan dari yang sudah ada sebelumnya. Begitu juga dalam dunia tulis menulis. Tidak ada tulisan yang baru, semuanya adalah perubahan, tambahan, gubahan, atau penyederhanaan dari tulisan-tulisan yang sudah ada.

Anda boleh koq mengubah tulisan yang sudah ada selama tidak melanggar hak cipta. Yang tidak boleh adalah menjiplak tulisan orang lain. Namun jika Anda mengubah tulisan orang lain menjadi lebih baik, maka itu tidak menjadi masalah.

Selain mengubah tulisan yang sudah ada, Anda juga bisa menentang tulisan yang sudah ada. Anda bisa membuat tulisan baru yang melawan tulisan yang sudah ada. Bukankah ini cara mudah mendapatkan ide tulisan? Tentu saja tidak semua tulisan bisa Anda lawan, ada kebenaran yang sudah mutlak, yaitu kebenaran dari Ida Sang Hyang Widi Wasa melalui weda.

Untuk bisa menulis dengan mudah, Anda harus lebih kreatif. Anda harus melatih kreativitas Anda jika ingin sukses dalam dunia tulis menulis.
Semoga tulisan saya ini ada manfaatnya bagi anda, dan selalu tersenyum agar semuanya indah…..