Lubang yang Indah, Seram dan Menakjubkan di Dunia !

Berikut ini adalah lubang-lubang yang indah, seram dan sekaligus menakjubkan yang ada di dunia ini. Langsung aja simak langsung :

1.Great Belize Blue Hole

Great Blue Hole menurut National Geographic, ditemukan di laut Belize–negara kecil di pesisir Timur Amerika Tengah,.Dahulu disebut Honduras Britania hingga 1973, Belize adalah bekas jajahan Britania Raya selama lebih dari satu abad. Nama “Belize” diambil dari Sungai Belize— memiliki kedalaman  480 feet atau 146 meter.

Blue Hole ini sangat terkenal di dunia, khususnya di kalangan penyelam dunia yg ingin tau ‘isi blu hole’ hingga ke dasarnya.Beda dengan Black Hole yg sangat ditakuti krn bnyk yg ‘tak kembali’ bila sempat masuk ke medan gravitasi, Blue Hole justru sebaliknya, menjanjikan kesenangan dan pengalaman tak terlupakan. Karenanya para penyelam di seluruh dunia begitu antusias ingin ‘mengungkap misteri’ LUBANG BIRU ini.

Antusias ini ditangkap sebagai peluang bisnis yg menjanjikan, maka dibuatlah paket ‘wisata menyelam’ di Blue Hole Belize.

Para penyelam ini akan dibawa ke lokasi menggunakan pesawat kecil dari lapangan udara San Pedro, 72 km dari lokasi. Dari ketinggian3.963 meter, para penyelam dapat langsung terjun ke  dalam Blue Hole. Petulangan mendebarkan ini sangat disukai para penyelam yg biasanya datang secara rombongan.

2. Kimberey Big Hole _ South Africa

Lubang ini adalah yang terbesar pernah digali manusia di atas bumi ini, tambang ini mempunyai kedalaman 1.097 meter dan telah menghasilkan lebih dari 3 ton berlian sebelum ditutup pada tahun 1914. Jumlah tanah yang terbuang oleh penambangan diperkirakan sekitar 22.5 juta ton.

The Big Hole atau Kimberley Mine, awalnya disebut sebagai Colesberg. Dimana tambang terbuka di Kimberley, Afrika Selatan ini diklaim sebagai lubang terbesar yang pernah digali dengan tangan. Berlian pertama di sini adalah ditemukan oleh anggota-anggota “Partai Cap Merah” dari Colesberg, dan selanjutnya klaim perebutan menuju ke tempat yang disebut New Rush, kemudian berganti nama menjadi Kimberley. Dari pertengahan Juli 1871-1914 hingga 50.000 penambang menggali lubang dengan menggunakan sekop dan menghasilkan 2.720 kilogram (6.000 lb) berlian. Big Hole memiliki permukaan seluas 17 hektar (42 hektar) dan 463 meter (1.520 kaki) lebar. Digali hingga kedalaman 240 meter (790 kaki), sebagian puing-puing infilled telah mengurangi kedalaman sekitar 215 meter (710 kaki) sejak saat itu telah mengumpulkan air ke tingkat 40 meter (130 kaki) di bawah permukaan tanah sekitarnya. Saat ini sedang berlangsung upaya untuk mendaftarkan Big Hole sebagai Situs Warisan Dunia.

3. The Bingham Canyon Mine

Tempat ini juga dikenal sebagai Kennecott Copper Mine, adalah pertambangan terbuka operasi ekstraksi tembaga porfiri deposito barat daya besar Salt Lake City, Utah, USA, di Pegunungan Oquirrh. Ini adalah lubang tambang terbuka terdalam di dunia. Hal ini dimiliki oleh Rio Tinto Group, sebuah tambang internasional dan perusahaan eksplorasi bermarkas di Inggris. operasi tembaga di Bingham Canyon Mine dikelola melalui Kennecott Utah Copper Corporation yang mengoperasikan tambang, pabrik konsentrator, peleburan, dan penyulingan. tambang ini telah di produksi sejak 1906, dan telah menghasilkan dalam penciptaan lubang di atas 0,75 mil (1.2 km) dalam, 2,5 mil (4 km) lebar, dan meliputi 1.900 hektar (7,7 km ²). Menurut Kennecott, adalah penggalian terbesar di dunia buatan manusia. [3] Ia ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1966 dengan nama Bingham Canyon Terbuka Pit Tambang Tembaga

4. Glory Hole – Monticello Dam, California

Bendungan Monticello di California dibangun mulai pada tahun 1953, dan selesai pada tahun 1957. Tinggi bendungan adalah 304 kaki, dan panjangnya adalah 1.023 kakidengan volume 326.000 meter kubik. Bendungan digunakan untuk menghasilkan listrik tenaga air dan sebagai reservoir bagi rakyat Napa. Namun, bendungan ini terkenal karena katup (overflow controller) yang biasa disebut “The Glory Hole”.

The Glory Hole terletak sekitar 200 meter dari bendungan. Corong berdiameter 72 meter dan menyempit menjadi 28 meter di bagian bawah. Hal ini dirancang untuk menangani maksimum 362.000 galon air per detik, yang terjadi ketika tingkat air danau naik ke 15,5 meter di atas tingkat saluran. Glory Hole merupakan spillway terbesar di dunia dengan kemampuan menyalurkan 14.400 kaki kubik air setiap detik.

5.  Mirny Diamond Mine, Serbia

Mirny Diamond Mine merupakan penambangan intan hasil perbuatan manusia terburuk yang pernah ada di dunia.Mirny Diamond Mine berada di lokasinya di Siberia bagian timur, Rusia. Mir Mine (bahasa Rusia: Кимберлитовая алмазная трубка “Мир” Kimberlitovaya Almaznaya Trubka “Mir”; Inggris: kimberlite berlian pipa “Damai”) juga disebut Mirny Punyaku. Tambang dengan ukuran 525 meter (1.720 kaki) dan memiliki diameter 1.200 m (3.900 ft), dan merupakan lubang yang digali terbesar kedua di dunia, setelah Bingham Canyon Mine. Ruang udara di atas tambang ditutup untuk helikopter karena beberapa kejadian di mana mereka tersedot oleh aliran udara ke bawah.

Tambang ditemukan pada 13 Juni 1955 oleh ahli geologi Soviet Yuri Khabardin, Ekaterina Elagina dan Viktor Avdeenko selama Ekspedisi Amakinsky besar di ASSR yakut. Mereka menemukan jejak kimberlite batu vulkanik yang biasanya dikaitkan dengan berlian. Temuan ini adalah keberhasilan pertama dalam mencari kimberlite di Rusia, setelah gagal banyak ekspedisi dari tahun 1940-an dan 1950-an. Untuk penemuan ini, pada tahun 1957 diberi Khabardin Hadiah Lenin, yang merupakan salah satu penghargaan tertinggi di Uni Soviet.

Pembangunan tambang telah dimulai pada tahun 1957 dalam kondisi iklim yang sangat keras. Tujuh bulan musim dingin per tahun membeku tanah ke lapisan es, yang sulit di musim dingin, tetapi berubah menjadi lumpur di musim panas. Bangunan harus flexibel, sehingga mereka tidak akan tenggelam di musim panas, pabrik pengolahan utama harus dibangun di atas tanah 20 km jauhnya dari tambang. Suhu musim dingin yang begitu rendah sehingga ban mobil dan baja akan rusak dan minyak akan membeku. Selama musim dingin, para pekerja menggunakan mesin jet untuk menggali defreeze dan permafrost atau dengan dinamit untuk mendapatkan akses ke kimberlite. Seluruh tambang harus tertutup pada malam hari untuk mencegah mesin dari titik beku.
Pada tahun 1960-an tambang memproduksi 10 juta carats (2 ton) intan per tahun, dimana fraksi yang relatif tinggi (20%) adalah dari kualitas batu permata. Berlian terbesar ditemukan di 23 Desember 1980, itu beratnya 342,5 karat (68 g) dan diberi nama “26 Kongres CPSU” (bahasa Rusia: XXVI съезд КПСС). Operasi tambang terhenti di tahun 1990-an pada kedalaman 340 m setelah lubang bawah menjadi banjir.

Saat ini, tambang ini dioperasikan oleh Alrosa, penghasil berlian terbesar perusahaan di Rusia, dan mempekerjakan 3.600 pekerja. Telah lama diantisipasi bahwa pemulihan permukaan berlian oleh metode konvensional akan jenuh. Oleh karena itu, di tahun 1970-an konstruksi telah dimulai dari jaringan terowongan bawah tanah untuk pemulihan berlian. Produksi berlian oleh metode ini dimulai pada tahun 1999 dan diperkirakan akan berlangsung selama 27 tahun. Perkiraan ini didasarkan pada eksplorasi ke kedalaman 1220 meter. Dalam rangka untuk menstabilkan ditinggalkan lubang utama, bagian dasarnya ditutupi oleh lapisan puing tebal 45 meter.

6. Sinkhole in Guatemala

Lubang besar muncul ketika kota itu sedang dilanda Badai Agatha, angin kencang, hujan deras dan longsor mematikan. Saksi meng klaim setidaknya satu orang berada di gedung tiga lantai saat itu ditelan di persimpangan pusat kota, dan lain-lain masih dinyatakan hilang.

7. Diavik Diamond Mine

Tambang Diavik Diamond Mine ini sangat besar dan berada di daerah yang jauh sehingga memiliki bandara dengan landasan yang cukup besar untuk menampung sebuah Boeing 737. Sangat indah terlihat dari atas ketika musim dingin dan di sekitarnya adalah gurun es .

The Diavik Diamond Mine di Kanada adalah salah satu tambang berlian yang paling menakjubkan di dunia. Pertambangan dimulai pada tahun 2003 dan diperkirakan akan berlanjut selama paling tidak 15-20 tahun. Diavik Diamond Mine adalah tambang berlian di Daerah Slave Utara Northwest Territories, Kanada, sekitar 300 kilometer (186 mil) utara Yellowknife. Hal ini telah menjadi bagian penting dari perekonomian daerah, yang mana mempekerjakan 700 orang leih dengan penghasilan $ 100 juta dalam penjualan, dan menghasilkan 8 juta carats (1600 kg) berlian setiap tahun. Kawasan itu disurvei pada tahun 1992 dan konstruksi dimulai pada tahun 2001, dengan produksi dimulai pada Januari 2003. Tambang ini dihubungkan dengan jalan es Bandara Diavik dengan 5.235 kaki (1.596 m) kerikil landasan pacu secara teratur menampung pesawat jet Boeing 737. Tambang ini dimiliki oleh perusahaan patungan antara Harry Winston Diamond Corporation dan Diavik Diamond Mines Inc, anak perusahaan Rio Tinto Group. Tambang kimberlite terdiri dari tiga pipa yang terkait dengan Lac de Gras kimberlite lapangan, terletak di sebuah pulau 20 kilometer persegi (8 sq mi) di Lac de Gras dan disebut Pulau Timur. Berada di sekitar 220 kilometer (137 mil) selatan Lingkaran Arktik. Pada 5 Juli 2007, konsorsium dari tujuh perusahaan pertambangan, termasuk Rio Tinto, mengumumkan mereka mensponsori studi dampak lingkungan untuk membangun pelabuhan air dalam di Bathurst Inlet. Rencana mereka termasuk membangun 211 km (131 mi ) jalan yang menghubungkan pelabuhan tambang mereka. Pelabuhan kapal akan melayani hingga 25.000 ton.

Itulah beberapa lubang yang menawan sekaligus menyeramkan yang ada di Dunia.